PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR 1 DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Ghina Safira

Abstract


Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan menggunakan teknik
pembelajaran make a match pada anak tunarungu kelas dasar I di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dengan observasi, wawancara,
tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan pada
anak tunarungu kelas dasar I di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman mengalami peningkatan melalui
teknik pembelajaran make a match. Pada siklus 1 terjadi peningkatan pada subjek BD sebesar 15%
dengan skor 55, subjek IL sebesar 25% dengan skor 80, subjek RG sebesar 15% dengan skor 65.
Sementara subjek BD masih berada dibawah kriteria ketuntasan hasil belajar. Pada siklus 2 terjadi
peningkatan pada subjek BD sebesar 25% dengan skor 80, subjek IL sebesar 5% dengan skor 85,
subjek RG sebesar 10% dengan skor 75. Hasil penelitian siklus 2 menunjukkan bahwa hasil masingmasing
subjek mengalami peningkatan dan mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah
ditentukan yaiu sebesar 65 sehingga penelitian di hentikan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter