UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPAKAIAN MELALUI METODE DRILL PADA ANAK CEREBRAL PALSY DI SEKOLAH LUAR BIASA DAYA ANANDA

Asti Cahyaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpakaian anak cerebral palsy di Sekolah Luar
Biasa (SLB) Daya Ananda melalui metode drill dan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan berpakaian
melalui metode drill pada anak cerebral palsy di SLB Daya Ananda. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpakaian anak cerebral palsy dapat ditingkatkan melalui metode
drill. Subyek selalu memperhatikan dan mengikuti instruksi guru untuk latihan berpakaian secara bertahap
dan berulang, sehingga latihan yang diberikan guru menjadikan kemampuan berpakaian anak meningkat.
Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan setelah dilakukan tindakan. Pada siklus I subyek RN
mengalami peningkatan pencapaian nilai sebesar 6,06. Setelah dilakukan perbaikan, pada siklus II subyek RN
mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 24,24 dari kriteria cukup menjadi baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter