PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE PEER TUTORIAL (TUTOR SEBAYA) ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Trian Yuni Sarahwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode Peer
Tutorial pada siswa tunarungu kelas Dasar II di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dengan tes hasil belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan
persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis permulaan pada anak tunarungu kelas Dasar II di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman dapat meningkat melalui metode Peer Tutorial. Pada siklus 1 terjadi peningkatan pada subyek GM yakni sebesar 90% . Sementara subyek RA masih dibawah kriteria yaitu 65. Berdasarkan hasil refleksi siklus 1, setiap subyek mengalami peningkatan dari hasil pra tindakan dan pasca tindakan 1. Hasil siklus 1 belum memenuhi kriteria keberhasilan. Peningkatan pada siklus 2 yaitu subyek GM sebesar 93,34% dan RA sebesar 71,67%. Hasil penelitian siklus 2 menunjukan
bahwa hasil masing-masing subyek meningkat dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang
ditentukan sebesar 65 sehingga tindakan dihentikan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter