PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN DADU UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS II SD DI SLB B.C BHAKTI PUTERA BAHAGIA KLATEN

Bhagas Ipang Yudha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan
melalui media dadu pada siswa kelas II di SLB B.C Bhakti Putera Bahagia Klaten.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian
di adopsi dari model Kemmis & Mc Taggart. Subyek penelitian ini berjumlah 1 siswa
yang merupakan siswa tunarungu kelas II di SLB B.C Bhakti Putera Bahagia Klaten dan
dilakukan selama satu bulan dengan teknik pengumpulan data termasuk tes, observasi,
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdapat empat tahap, yaitu
tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan menghitung dapat ditingkatkan melalui media dadu. Selain itu, juga
terjadi perubahan perilaku seperti kemauan mengamati pada saat pembelajaran, lebih
aktif selama pembelajaran, dan lebih termotivasi seperti aktif bertanya dan menjawab
pertanyaan yang diajukan. Pada saat dilakukan test pra tindakan subjek belum paham dan
harus dibimbing oleh guru, setelah diberi tindakan siklus I subjek mulai mengerjakan
secara mandiri, tetapi belum memenuhi KKM, dilanjutkan dengan pemberian siklus II.
Hasil pencapaian sebelum penerapan media dadu, nilai rata-rata subjek mencapai nilai
38,3 pada (pre test), sedangkan setelah diberi perlakuan (post test) nilai rata-rata
mencapai 83,3. Presentase skor siklus I pada subyek KD sebesar 66, pada siklus II terjadi
peningkatan yaitu dengan skor 83.3. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa subjek
penelitian mengalami peningkatan dengan menggunakan media dadu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter