PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DALAM OPERASI PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA KANTONG BILANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DI SEKOLAH KHUSUS

Laras Sheila Juliani

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan kemampuan matematika operasi penjumlahan dengan menyimpan pada siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri 2 Yogyakarta melalui media kantong bilangan. Subjek pada penelitian ini adalah satu siswa tunagrahita ringan kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi partisipasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kantong bilangan dapat meningkatkan proses dan kemampuan matematika operasi penjumlahan dengan menyimpan pada siswa kelas IV di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Peningkatan terjadi karena adanya evaluasi dari setiap siklus. Evaluasi berupa latihan soal yang berulang mengenai nilai tempat, pemberian materi yang belum dipahami, pemberian reward, pengkondisian suasana kelas serta penggunaan istilah yang disukai siswa. Peningkatan kemampuan matematika ditunjukkan oleh peningkatan pada siklus I sebesar 28,27% dan peningkatan pada siklus II sebesar 20%. Total peningkatan pada penelitian ini adalah 48,27%.
Kata kunci : penjumlahan dengan menyimpan, tunagrahita kategori ringan, media kantong bilangan

Abstract
This study aims to improve the process and improve the mathematical ability of the summation operation by storing on mild fourth grade mental retardation students at Yogyakarta State SLB 2 through a number bag media. The subjects in this study were one fourth grade mild mental retardation student. This type of research is classroom action research conducted with 2 cycles. Data collection techniques use tests and observation of student participation. Data analysis techniques used are quantitative and qualitative descriptive. The results of this study indicate that number bag media can improve the mathematical process and ability of addition operations by storing it in fourth grade students at State SLB 2 Yogyakarta. Increases occur because of evaluations from each cycle. Evaluation in the form of repetitive practice questions about place values, giving material that has not been understood, giving rewards, conditioning the classroom atmosphere and the use of terms that students like. The increase in mathematical ability is indicated by an increase in the first cycle of 28.27% and an increase in the second cycle of 20%. The total increase in this study was 48.27%.
Keywords: summation by saving, mild mental retardation, number bag media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter