STUDI DESKRIPTIF PEMBERIAN STIMULUS BAHASA OLEH IBU TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA AUTISTIK KELAS I SEKOLAH DASAR DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH

Muhammad Dwi Kusyuliqan

Abstract


Abstrak
Penelitian ini merupakan studi deskriptif pemberian stimulus bahasa oleh ibu terhadap kemampuan komunikasi siswa autistik kelas I di SLB Autisma Dian Amanah. Penelitian difokuskan pada: 1) pemberian stimulus bahasa oleh ibu terhadap kemampuan komunikasi siswa autistik, dan 2) kemampuan komunikasi siswa autistik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu dua siswa autistik yang memiliki kemampuan komunikasi tinggi dan rendah serta dua ibu dari siswa autistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi antar sumber dan metode. Hasil penelitian studi deskriptif pemberian stimulus bahasa oleh ibu terhadap kemampuan komunikasi siswa autistik kelas I Sekolah Dasar di SLB Autisma Dian Amanah menunjukkan 1) dalam pemberian stimulus bahasa, Ibu M memberikan stimulus bahasa pada BA secara berulang-ulang sampai BA memberikan respon sedangkan Ibu W tidak memberikan stimulus bahasa secara berulang-ulang walaupun AIP belum menunjukkan respon, 2) kemampuan anak autistik kelas I di Sekolah Dasar di SLB Autisma Dian Amanah berbeda. BA memiliki dan mampu menggunakan kata ibu, selamat pagi, dan terima kasih pada setting yang ada, mampu merespon ketika diberi rangsang, dan memahami kalimat-kalimat sederhana yang diucapkan. sedangkan AIP hanya memiliki dan mampu menggunakan kata selamat pagi pada setting yang ada, mampu merespon ketika diberi rangsang, dan belum mampu memahami kalimat-kalimat sederhana yang diucapkan.
Kata kunci: stimulus bahasa, ibu, siswa autistik

Abstract This research is about descriptive research giving stimulation language by mother toward communication ability an autistic student first grade of Elementary School at SLB Autisma Dian Amanah. This research focus on : 1) giving stimulate language by mother toward communication ability an autistic student; and 2) communication ability an autistic student. This research is a descriptive researches. The subject of research is two autistic student who have high communication ability and low along with two mothers of autistic student. Accumulation technique data that uses are interview and observation. Analysis data with qualitative analysis. The validity’s data with triangulation between source and method. The esults of descriptive research giving stimulation language by mother toward communication ability an autistic student first grade of Elementary School at SLB Autisma Dian Amanah showed 1) by giving stimulate language, Mrs. M give stimulate language on BA continually until BA gives response. Meanwhile Mrs. W do not gives stimulate language continually although AIP not yet showing response. 2) ability of autistic student first grade of Elementary School at SLB Autisma Dian Amanah are different. BA has able to pronounce mom, good morning and thank you on some case, able to respond when given excitement, and understand simple sentences that are spoken. . Meanwhile AIP has low communication ability because AIP just has and able to pronounce good morning in some case, able to respond when given excitement, and has not been able to understand the simple sentences that are spoken..

Key words : language stimulation, mother, autistic student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter