EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA “TALKING TOM” GAME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS BALITA DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS AL-IHSAN SERPONG UTARA TANGERANG SELATAN

Raudhah Shidqi Amirah

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media “Talking Tom” Game terhadap kemampuan komunikasi verbal anak autis di Sekolah Khusus Autis Al Ihsan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen subjek tunggal (Single Subjek Research). Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang siswa autis balita di Sekolah Khusus Autis Al Ihsan. Desain penelitian ini adalah A-B-A’. Pengumpulan data menggunakan tes performa (performance test). Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan analisis dalam kondisi dan antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya media “Talking Tom” Game efektif digunakan pada pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan komunikasi bagi siswa autis balita di Sekolah Khusus Autis Al Ihsan Serpong Utara, Tangerang Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya skor kemampuan komunikasi pada saat sebelum dan setelah diberikan intervensi menggunakan tes yaitu skor pencapaian rata-rata 57,14% pada fase baseline satu menjadi 79,76% pada fase baseline dua. Selain itu, diperkuat dengan hasil analisis antar kondisi menunjukkan perubahan stabilitas dari stabil ke stabil, perubahan level data yang meningkat, perubahan arah dan efeknya, serta presentase data yang tumpang tindih sebesar 22,62%.
Kata kunci : Media “Talking Tom” Game , Kemampuan Komunikasi, Anak Autis Balita

Abstract
The aim of research includes to know effectivity using “Talking Tom” Game media for communication abilility of autistic toddler in Sekolah Khusus Autis Al-Ihsan.
This research was single subject research. The subject of this study was autistic toddler in Sekolah Khusus Autis Al-Ihsan Serpong Utara, Tangerang Selatan. The research design was A-B-A’ with collecting data used performance test. Data analysis was used descriptive statistical analysis with in condition and between condition analyses.
The result of research is showed “Talking Tom” Game media very effective used on learning to increase child communication skill on an autistic toddler at autism special school Al Ihsan Serpong Utara, Tangerang Selatan. It has proven with increase communication skill score on before and after intervention using test include an average 57.14% on one baseline phase as 79.76% on two baseline phases. Furthermore, strengthened with the result of analysis between condition is showed stability change from stable to stable, level data change to increasing, change direction and effect, data presentation overlap is 22.62%.
Key words: “Talking Tom” Game Media, Communication Ability, Toddler with Autistic


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter