KETERAMPILAN MENGELOLA PAKAIAN ANAK TUNANETRA KELAS VII SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA YANG TINGGAL DI ASRAMA

Umi Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelola pakaian pada anak tunanetra kelas
tujuh SLB A Yaketunis Yogyakarta yang tinggal di asrama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan yaitu satu orang kelas tujuh SLB A Yaketunis Yogyakarta serta
bertempat tinggal di asrama. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek terampil membedakan pakaian kotor dan bersih
secara mandiri, terampil menyiapkan peralatan mencuci, terampil memperkirakan takaran air dan takaran sabun,
terampil melakukan pembilasan hingga bersih serta busa yang terdapat pada pakaian menghilang, terampil
menjemur pakaian dengan mandiri, mengangkat jemuran miliknya, terampil menyiapkan peralatan dan
perlengkapan menyeterika. Adapun kesulitan yang dialami yaitu menyeterika pakaian dengan benar, melipat
pakaian dengan benar, merancang penempatan pakaian, dan menyimpan pakaian sesuai dengan tempat yang telah
disediakan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter