EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT BENDA BAGI SISWA TUNANETRA SLB YAKETUNIS YOGYAKARTA

Arry Adiatma

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep sifat benda dan perubahan wujud benda pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi siswa tunanetra kelas III di SLB Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di SLB Yaketunis Yogyakarta dengan siswa tunanetra kelas III sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar sebagai teknik pengumpulan data, dan menggunakan validitas isi sebagai validitas instrumennya. Analisis data penelitian ini menggunakan uji statistic nonparametrik tes rangking bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian ini adalah penggunaan metode eksperimen efektif terhadap hasil belajar siswa tunanetra dalam memahami sifat benda dan perubahan wujud benda, yang ditunjukkan melalui hasil pengujian -T(hitung) ≤ -T(tabel), dan berarti bahwa H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Setiap subjek mengalami peningkatan nilai sebesar 33% Dan 24%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter