EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN HAMBATAN MAJEMUK KELAS X DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Trisna Yulianto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas media pembelajaran busy book terhadap
kemampuan motorik halus anak dengan hambatan mejemuk kelas X di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah Single
Subject Research (SSR) dan desain yang digunakan yaitu A-B-A. Fase baseline-1 (A1) dilaksanakan sebanyak
empat kali pertemuan, fase intervensi (B) sebanyak enam kali pertemuan, dan fase baseline-2 (A2) sebanyak empat
kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak dengan hambatan majemuk dan gangguan motorik
halus kelas X di SLB Negeri 1 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan motorik halus. Data
dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan teknik analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran busy book efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan
motorik halus anak dengan hambatan majemuk kelas X di SLB Negeri 1 Bantul. Hal ini terbukti dari adanya
peningkatan perolehan mean level pada fase baseline-1 (A1), fase intervensi (B), dan fase baseline-2 (A2) berturutturut
20, 36, dan 54. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan +35 pada kemampuan motorik halus antara
sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan media pembelajaran busy book. Persentase data tumpang
tindih (overlap) antar kondisi 0% yang berarti bahwa media pembelajaran busy book efektif digunakan untuk
meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan hambatan majemuk.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter