IDENTIFIKASI PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA AUTIS PADA KELAS VIII DI SLB WIYATA DHARMA IV GODEAN, SLEMAN

Ellif Lintang Alviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku agresif verbal siswa autis yang mencakup pemicu-pemicu perilaku agresif verbal, bentuk-bentuk perilaku agresif verbal, dan konsekuensi - konsekuensi yang diterima siswa autis atas perilaku agresif verbal yang diberikan guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian seorang siswa autis kelas VIII di SLB Wiyata Dharma IV, Godean, Sleman dan dua informan yakni seorang guru kelas VIII dan seorang guru pengganti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian identifikasi perilaku agresif siswa autis diketahui bahwa 1) perilaku agresif verbal siswa autis kelas VIII dapat dipicu oleh a) faktor psikologis yakni perasaan yang mudah tersinggung dan marah atas ejekan teman, b) faktor sosial yang mencakup kondisi frustasi, provokasi perilaku agresif secara langsung, dan imitasi, c) faktor lingkungan d) faktor situasional. 2) Perilaku agresif muncul dalam bentuk agresi intrumental/ proaktif terdiri dari perilaku membentak, berteriak, menggerutu, dan berkata tidak pantas dan agresi reaktif terdiri dari membentak, mengejek, dan memaki. 3) Konsekuensi diberikan guru dalam bentuk penguatan negatif yakni teguran, penundaan tugas, dan peringatan dan penguatan positif dengan memberikan nasihat mengenai perilaku yang baik dan yang tidak baik untuk dilakukan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter