EFEKTIVITAS METODE EJA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS I DI SD N BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

Monica Devi Karmila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode eja terhadap kemampuan membaca
permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca kelas 1 di SD N Bangunrejo 2
Yogyakarta.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif
dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah desain A-B.
Subjek penelitian yaitu seorang anak berkesulitan belajar membaca kelas 1 di SD N Bangunrejo 2
Yogyakarta bernama MF. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca permulaan
dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, kemudian dianalisis berdasarkan
analisis dalam kondisi dan antarkondisi dengan penyajian data melalui grafik garis.Hasil penelitian
menunjukkan metode eja efektif terhadap kemampuan membaca permulaan. Hal ini ditunjukkan dengan
peningkatan persentase kemampuan membaca permulaan pada subjek MF.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter