EFEKTIFITAS MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA CONDUCT DISORDER KELAS II

Pradita Puspa Pradana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media big book terhadap
kemampuan membaca permulaan pada siswa conduct disorder kelas II SLB E Prayuwana Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan penelitiam Single Subject Research (SSR) atau penelitian dengan subjek
tunggal. Desain yang digunakan adalah A-B-A’ yaitu baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Subjek
penelitian ini adalah siswa conduct disorder kelas II SLB E Prayuwana Yogyakarta yang mengalami
kesulitan dalam membaca permulaan. Pengumpulan data menggunakan tes membaca permulaan. Analisis
data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Penyajian hasil penelitian
menggunakan grafik dan tabel.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan membaca permulaan selama fase intervensi
menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa yang di buktikan melalui peningkatan perolehan
skor mean level membaca permulaan subjek. Subjek mendapatkan mean level meningkat dari 41 pada
kondisi baseline 1 (A) menjadi 70,6 pada saat intervensi (B) dan 79,3 pada saat baseline 2 (A). Data hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media big book efektif untuk meningkatkan kemampuan
membaca permulaan ditunjukkan dengan meningkatnya perolehan skor membaca permulaan pada fase
intervensi dan fase baseline 2 serta didukung presentase overlap yang rendah. Presentase overlap antar
kondisi baseline 1 dan fase intervensi yaitu 0 dan fase intervensi dengan baseline 2 juga sebesar 0. Secara
keseluruhan, penggunaan media big book berpengaruh positif dan efektif terhadap kemampuan membaca
permulaan pada siswa conduct disorder kelas II SLB E Prayuwana Yogyakarta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter