EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SISWA TUNANETRA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KLATEN

Mega Indah Risnati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran senam lantai anak tunanetra kelas X di MAN Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1)Context: komponen pembelajaran senam lantai tidak mengalami penyesuaian untuk anak tunanetra; 2)Input: latar belakang pendidikan guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan adalah S1 Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, minat anak tunanetra terhadap pembelajaran praktek senam lantai masuk dalam kriteria sedang,minat anak tunanetra terhadap pembelajaran materi senam lantai masuk dalam kriteria tinggi, sarana dan prasarana untuk pembelajaran praktek dan materi senam lantai tidak mengalami modifikasi yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan anak tunanetra; 3)Process: penyusunan RPP tidak berlandaskan Kurikulum Adaptif yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak tunanetra, pelaksanaan kegiatan pembelajaran praktek dan materi senam lantai tidak sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak tunanetra; 4)Product: kemampuan guling depan FMA meningkat sebanyak 1.2%, KHY dan YFP meningkat sebanyak 1.1%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter