EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE GLENN DOMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KATA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS IV SDLB DI SLB RELA BHAKTI 1 GAMPING

Uswatun Khasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode Glenn Doman terhadap kemampuan membaca kata anak cerebral palsy kelas IV SDLB di SLB Rela Bhakti 1 Gamping. Jenis penelitian ini adalah penelitian subyek tunggal (Single Subject Research). Subyek penelitian yaitu satu orang anak cerebral palsy kelas IV SDLB di SLB Rela Bhakti 1 Gamping. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain penelitian A1-B-A2. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes kemampuan membaca kata. Analisis data yang digunakan adalah yaitu analisis statistik deskriptif, menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode Glenn Doman efektif terhadap kemampuan membaca kata anak cerebral palsy kelas IV SDLB di SLB Rela Bhakti 1 Gamping. Pada fase (A1) subyek mendapatkan rata-rata nilai 26.6, pada fase (B) rata-rata nilai 86.6 dan pada fase (A2) rata-rata nilai 98.32. Presentase data overlap pada analisis data antar kondisi (A1)/(B), dan (B)/(A2) sebesar 0% yang berarti semakin kecil presentase data overlap menunjukkan semakin besar pengaruh metode Glenn Doman sebagai intervensi terhadap kemampuan membaca kata sebagai perilaku sasaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter