PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MERANGKAI BUNGA DARI SEDOTAN PADA ANAK AUTIS DI SLB CITRA MAULIA MANDIRI

Annisa Cipto Haryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
keterampilan merangkai bunga dari sedotan, (2) Mendeskripsikan kemampuan anak autis dalam
melaksanakan tahapan kegiatan merangkai bunga dari sedotan, (3) Mendeskripsikan faktor
pendukung yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran keterampilan merangkai bunga dari
sedotan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek
penelitian adalah guru Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dan siswa autis kelas V dan kelas IX
di SLB Citra Mulia Mandiri. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan
menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukan (1) Pembelajaran keterampilan merangkai bunga dari
sedotan disesuaikan dengan karakteristik anak autis. Hal tersebut terlihat saat guru SBK
menggunakan gabungan metode yang disesuaikan dengan aktivitas dan kemampuan siswa autis.
(2) Anak autis dapat melakukan tiap tahap kegiatan merangkai bunga dari sedotan sesuai instruksi
yang diberikan guru SBK. Siswa kelas V dan kelas IX memiliki perbedaan kemampuan ketika
melaksanakan kegiatan merangkai bunga dari sedotan. (3) Keberhasilan pembelajaran
keterampilan merangkai bunga dari sedotan dipengaruhi oleh faktor pendukung yaitu tingkat
gangguan autistik yang dimiliki siswa autis, pembelajaran yang terstruktur dan terpola,
penggunaan dua jenis media, menggunakan perpaduan metode pembelajaran, pemahaman guru
terhadap karakteristik siswa autis, dan pemberian motivasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter