PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD UNTUK ANAK AUTIS KELAS V DI SLB MARDI MULYO KRETEK BANTUL

Teresa Nur Azani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media flashcard pada
anak autis kelas V di SLB Mardi Mulyo Kretek Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(kolaborasi). Subjek penelitian yaitu anak autis kelas V di SLB Mardi Mulyo Kretek Bantul. Desain penelitian ini
menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat meningkat dengan menggunakan media flashcard
pada anak autis kelas V di SLB Mardi Mulyo Kretek Bantul. Penelitian terdiri dan dua siklus, siklus pertama terdiri
dari 3 pertemuan dan siklus kedua 3 pertemuan. Pada siklus pertama di awal pertemuan siswa dibimbing oleh guru
untuk menjalankan media pembelajaran flashcard. Guru membimbing subjek dengan mengucapkan suku kata dan
kata yang ada di flashcard kemudian meminta siswa untuk mengulanginya. Kemudian pada tahap selanjutnya guru
meminta subjek untuk membaca suku kata dan kata secara mandiri dan hanya dibantu apabila subjek kesulitan.
Perolehan skor yang diperoleh subjek mengalami peningkatan sebesar 12,5 % dari 32,5 pada tes kemampuan awal
(pra tindakan) menjadi 45 pada pasca tindakan siklus I kemudian menjadi 72,5 dengan kategori baik pada siklus II.
Hasil observasi pasrtisipasi siswa mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 65,60 dengan
kategori baik meningkat menjadi 82,28 dengan kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter