PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA BONEKA JARI PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG

Winati Dyah Anjelia Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata melalui media boneka jari pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas II SDLB di SLB N 1 Sleman. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas II SLB Negeri 1 Sleman. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tes pra tindakan siswa memperoleh nilai 56,67%. Setelah dilakukannya tindakan menggunakan media boneka jari, meningkat 14,33% pada siklus I dengan nilai 71,11% dengan kategori cukup. Pada siklus II siswa memperoleh nilai 84,81% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar 28,14% dari nilai tes pra tindakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media boneka jari dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa tunagrahita kategori sedang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter