PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN

fajrina - rahmawati

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilarbelakangi oleh kurangnya program di sekolah tentang penerapan perilaku hidup
bersih dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani dalam penerapan
perilaku hidup bersih dan sehat Di SD Negeri Se- Kecamatan Seyegan. Penelitian merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Subjek penelitian ini adalah guru
Pendidikan Jasmani di SD Negeri se-Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman dengan jumlah 21 orang.
Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan frekuensi ke
dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Jasmani dalam
penerapan perilaku hidup bersih dan sehat sebagian besar berkategori cukup tinggi dengan pertimbangan
frekuensi terbanyak berada pada kategori cukup tinggi dengan 10 orang atau 47,60%. Sedangkan peran guru
Pendidikan Jasmani dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat yang berkategori sangat tinggi 1 orang
atau 4,79%, tinggi 4 orang atau 19,01%, cukup tinggi 10 orang atau 47,60%, rendah 5 orang atau 23,81%
dan sangat rendah 1 orang atau 4,79%. Faktor perencanaan memberikan kontribusi sebesar 71,97%, factor
pelaksanaan memberikan kontribusi sebesar 82,99% dan factor evaluasi memberikan kontribusi sebesar
72,47%.
Kata Kunci : peran, perilaku, bersih dan sehat

Abstract
The research is motivated by the lack of programs in schools on the implementation of clean and
healthy living behavior. This research aims to find out the role of physical education teachers in the
implementation of clean and healthy living behavior at state elementary schools in Seyegan District. The
research was descriptive quantitative. The method used was by survey method. The research subjects were
Physical Education teachers in state elementary schools throughout Seyegan District Sleman Regency
totalling of 21 teachers. The instrument used was by questionnaire. The analysis technique performed was
by presenting the frequencies into percentage form. The results of this research indicate that the role of
Physical Education teachers in the implementation of clean and healthy living behavior most is categorized
as quite high with the most frequent consideration in the quite high category with 10 teachers or 47.60%.
While the role of Physical Education teachers in the implementation of clean and healthy living behavior is;
1 teacher or 4.79% in very high category,  4 teachers or 19.01% in high category, 10 teachers or 47.60% in
quite high category, 5 teachers or 23.81 %  in low category, and 1 teacher or 4.79% in very low category.
The planning factor contributes 71.97%, the implementation factor contributes 82.99% and the evaluation
factor contributes 72.47%.
Keywords: role, behavior, clean and healthy



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.