PENILAIAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI TES PENGAMATAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SIDOHARUM TAHUN AJARAN 2015 / 2016

Madya Ari Wardana

Abstract


Abstrak
Pengetahuan seorang guru olahraga terhadap keterampilan olahraga yang telah
ditularkan kepada siswanya merupakan hal yang penting. Hal ini sebagai pedoman untuk
mengembangkan pembelajaran di sekolah agar proses dan hasil pembelajaran menjadi lebih
baik. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui seberapa baik tingkat keterampilan passing
bawah siswa kelas V SD Negeri 2 Sidoharum Tahun Ajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pengamatan. Teknik
pengumpulan data menggunakan hasil pengamatan dua orang rater. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sidoharum Tahun Ajaran 2015/2016 berjumlah 24
siswa. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen yang disusun dari buku panduan olahraga
bolavoli milik Drs Nuril Ahmadi. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif
persentase.Hasil penelitian tingkat keterampilan passing bawah bolavoli siswa kelas V  SD
Negeri 2 Sidoharum Tahun Ajaran 2015/2016 diperoleh hasil pada kategori “baik sekali”
persentase sebesar 4,16% atau 1 siswa, kategori “baik” persentase sebesar 29,16% Atau 7
siswa, dan ketegori “sedang” dengan persentase sebesar 29,16% atau 7 siswa, kategori
“kurang” persentase sebesar 29,16% Atau 7 siswa, dan ketegori “kurang sekali” dengan
persentase sebesar 8,33% atau 2 siswa. Jumlah keseluruhan siswa yaitu 24 siswa. Berdasarkan
nilai rata-rata yaitu 16,66,maka tingkat keterampilan passing bawah siswa SD Negeri 2
Sidoharum masuk dalam kategori “sedang”.Jadi, secara rata-rata dari keseluruhan persentase
yang diraih oleh 24 siswa kelas V SD Negeri 2 Sidoharum, siswa berada dalam kategori
sedang dalam tingkat penguasaan keterampilan passing bawah bolavoli.
Kata kunci: Keterampilan, Passing Bawah, Bolavoli, Pengamatan

Abstrack
Knowledge of a sport teacher on sports skills that have been given to the students is
important. It is as a guidance to develop the learning in school so that the processes and the
learning outcomes will be better. This research is intended to find out how good the level of
forearm passing skills of fifth grade students of SD Negeri 2 Sidoharum Academic Year
2015/2016.This research was descriptive quantitative. The research method used was by
observation. The data collection technique was by using observations of two assesors. The
subjects in this research were fifth grade students of SD Negeri 2 Sidoharum Academic Year
2015/2016 of 24 students. The instrument used was an instrument composed of volleyball
guide books by Drs Nuril Ahmadi. This research data analysis used descriptive statistics in
percentages.The research results of level of forearm passing skill of the fifth grade students of
SD Negeri 2 Sidoharum Academic Year 2015/2016 are obtained; "excellent" category is in
percentage of 4.16% or 1 student, "good" category is in percentage of 29.16% or 7 students,
and "medium" category is in percentage of 29.16% or 7 students, "less" category is in
percentage of 29.16% or 7 students, and "very less " category is in percentage 8.33% or 2
students. The total number of the students is 24 students. Based on the average value, it is
16.66; then the level of forearm passing skill of students of SD 2 Sidoharum is in the
"medium” category.  Thus, the overall average of the whole percentage achieved by 24
students of fifth grade students of SD Negeri 2 Sidoharum is in the medium category in
forearm passing skill mastery of volleyball.
Keywords: Skill, Forearm Passing, Volleyball, Observation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.