PENGEMBANGAN MEDIA KARTU GAMBAR PEMBELAJARAN BOLA VOLI KELAS V SEKOLAH DASAR

Ircham Sudantoko

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi kurang bervariasinya guru dalam memanfaatkan media pembelajaran
sehingga membuat siswa kurang memahami dasar gerak bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan media pendukung pembelajaran berbentuk kartu bergambar guna mempermudah
pengenalan dasar gerak pada materi bola voli untuk siswa sekolah dasar kelas V. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode penelitian yang dilakukan
adalah: 1) Melakukan analisis kebutuhan dan pengumpulan informasi, 2) Mengembangkan produk awal,
3) Validasi ahli, 4) Revisi produk I, 5) Ujicoba kelompok kecil, 6) Revisi produk II, 7) Ujicoba kelompok
besar, 8) Revisi produk III, dan 9) Produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD
Negeri 1 Karangsari yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data
berupa kuesioner. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan analisis stastistik deskriptif, yang tertera pada skala likert berupa pernyataan sangat
kurang, kurang, cukup, baik, sangat baik. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: tersusun produk
media kartu gambar pembelajaran bola voli gerak dasar pasing atas, pasing bawah, servis atas, servis
bawah. Kemudian dalam kartu gambar terdapat pengertian dasar tentang permainan bola voli, induk
organisasi dan peraturan permainan. Hasil dari validasi ahli materi dengan kriteria penilaian akhir materi
yang dipilih masuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan rerata skor sebesar 4,80; validasi ahli media
dengan kriteria penilaian akhir tampilan media kartu gambar masuk dalam kategori ”Sangat Baik” dengan
rerata skor sebesar 4,27; pada ujicoba kelompok besar masuk dalam kategori ”Sangat Baik” dengan rerata
skor sebesar 4,26.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Kartu Bergambar, Bola Voli.
Abstract
This research background is that the less variation of teachers in using of learning media so that
makes the students less understand the basic movements of volleyball. This research aims to create
learning support media in the form of image cards in order to make the introduction of basic volleyball
movements on the volleyball materials for fifth grade students of elementary schools easier. This research
was Research and Development. The research methods were: 1) conducting the analysis of the needs and
collecting the information, 2) developing the initial product, 3) expert validation, 4) revising the product I,
5) performing the small group trials, 6) revising product II, 7) large group trials, 8) Revision of product
III, and 9) the final product. The subjects were the fifth grade students of SD Negeri 1 Karangsari of 21
students. The instrument used to collect data was in the form of questionnaire. The data obtained were
quantitative data. The data analysis technique used in this research was by descriptive statistical analysis,
which was listed on the Likert scale in the form of very less, less, medium, good, very good statements.
The results of the research are as follows: it has been structured the product of image card media of basic
movements of volleyball learning consisting of overhead pass, forearm pass, overhand service, and
underhand service. Then, there are basic explanation in the image cards of the game of volleyball, the
organization, and rules of the game. The results of the material expert validation with the final criteria
selected are the materials which are included in the category of "Very Good" with the mean score of 4.80;
media expert validation with the final assessment criteria of the appearance of image card media is in the category of "Very Good" with the mean score of 4.27; for the large group trials falls into the category of
"Very Good" with the mean score of 4.26.
Keywords: Development, Learning Media, Image Cards, Volleyball.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.