MINAT MAHASISWA PGSD PENJASKES TERHADAP PROFESI DI BIDANG KEGURUAN DAN NON KEGURUAN

Yudanta Brahmantara

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat dari mahasiswa PGSD Penjaskes
Fakultas Ilmu Keolahragaan kampus Karangmalang Angkatan 2013 Universitas Negeri Yogyakarta
terhadap profesi dibidang keguruan dan non keguruan. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitaf
dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PGSD Penjaskes FIK UNY
angkatan 2013 kampus Karangmalang yang berjumlah 47 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa angket
dengan uji validitas menggunakan rumus Pearson Product moment dari Karl Person dan uji reliabilitas
menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien sebesar 0,972. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
minat mahasiswa PGSD Penjaskes Fakultas Ilmu Keolahragaan Kampus Karangmalang Angkatan 2013
Universitas Negeri Yogyakarta terhadap profesi dibidang keguruan sebesar 53,13%, sedangkan minat
mahasiswa terhadap profesi dibidang non keguruan sebesar 46,87%.
 
Kata Kunci: Minat, Mahasiswa, Profesi, Keguruan, dan Non Keguruan

 
Abstract  
This study aims to determine how much interest from students of the Faculty of Sport Sciences
PGSD Penjaskes Force 2013 Karangmalang campus State University of Yogyakarta to the profession in
the field of teacher and non-teacher. This research is a quantitative descriptive survey method. The study
population was all students PGSD Penjaskes FIK UNY campus Karangmalang force in 2013 totaling 47
students. The research instrument is a questionnaire to test the validity of using the formula Pearson
product moment from Karl Person and reliability testing using Cronbach alpha formula and obtained a
coefficient of 0,972. Data were analyzed using descriptive analysis with quantitative approach. The
results showed that student interest PGSD PE Faculty of Sport Sciences Campus Karangmalang Force
2013 State University of Yogyakarta to the profession in the field of teacher training by 53.13%, while the
interest of students to the profession in the field of non-teacher at 46.87%.
 
Keywords: Interest, Student, Professional, Teaching and Non-Teaching


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.