PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TINGKAT SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SLEMAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015/2016

- Sulistyawati

Abstract


Abstrak  
Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan
Sleman Kabupaten Sleman belum membuat kelengkapan administrasi program pembelajaran dengan
sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pelaksanaan
administrasi pembelajaran guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan tingkat Sekolah Dasar
Negeri se-Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data
menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan yang ada di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman tahun
2015/2016 yang berjumlah 28 guru dan diambil secara incidental sampling berjumlah 27 guru.
Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat
disimpulkan bahwa pelaksanaan administrasi pembelajaran guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan tingkat Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman Tahun 2015/2016
berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 guru), “kurang” sebesar 0% (0 guru), “sedang”
sebesar 0% (0 guru), “baik” sebesar 66,67% (18 guru), dan “sangat baik” sebesar 33,33% (9 guru).

Kata Kunci: pelaksanaan administrasi pembelajaran, guru sekolah dasar, kecamatan Sleman

Abstract  
The state elementary school teachers of physical education, sport, and health in Sleman
District, Sleman Regency has not made complete administration program learning as it should be.
This study aims to determine how good the implementation of administration learning of physical
education, sport, and health teachers of state elementary schools in Sleman Disctrict, Sleman Regency
2015/2016. This research was descriptive research. The method used was survey with data collection
technique using questionnaire. The subjects in this study were physical education, sport, and health
teachers of state elementary schools in Sleman Disctrict, Sleman Regency 2015/2016 for 28 teachers
and taken by incidental sampling for 27 teachers. The instrument used was a questionnaire. The data
analysis technique employed descriptive quantitative analysis represented in percentage form. Based
on the results of the research, it can be concluded that the implementation of administration learning
of physical education, sport, and health teachers of state elementary schools in Sleman Disctrict,
Sleman Regency 2015/2016 is in "very less" category for 0% (0 teacher), "less" by 0 % (0 teacher),
"medium" of 0 % (0 teacher), "good" 66.67% (18 teachers), and "very good" 33.33% (9 teachers).

Keywords: implementation of administration learning, elementary school teacher, Sleman District


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.