KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL ISLAM TONOBOYO BANDONGAN MAGELANG

Fadli Robi Mumtaza

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa baik pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Tonoboyo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang tanpa adanya Guru Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 guru dan 1 kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik reduksi data dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Tonoboyo dari segi persiapan sudah cukup baik, sedangkan dalam tahap pelaksanaan dan evaluasi masih tergolong kurang baik. Selain itu, peran guru kelas yang juga bertugas sebagai Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan belum mampu menunjukkan performa yang baik dalam pelaksanaannya.
Kata kunci : pendidikan jasmani, guru profesional
Abstract
This research was conducted in order to determine how well the implementation of teaching physical education sport and health in Islamic Elementary School Al Islam Tonoboyo Bandongan Magelang. This research was a qualitative-descriptive study, which describes the implementation of physical education sport and health in Islamic Elementary School Al Islam Tonoboyo. Subjects of this study were six teachers and one principal. Data collection techniques used in this study were the observation, interview and documentation. The data analysis techniques used in this research were data reduction and data display. The result showed that the implementation of physical education sport and health at Islamic Elementary School Al Islam Tonoboyo in terms of its preparation stage has been sufficient, while in the stage of implementation and evaluation, it was relatively inadequate. In addition, the role of the classroom teachers who also served as a teacher of physical education sport and health have not been able to show good performance in the implementation of physical education teaching.
Keywords: physical education, professional teachers

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.