PEMETAAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI PERMAINAN BOLA BESAR KELAS V DI SD N SE-KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN

Febri Eka Wijaya, Aris Fajar Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pemetaan penggunaan metode pembelajaran pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan materi permainan bola besar kelas V di SD N se-Kecamatan Pakem Kabupaten
Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini
menggunakan lembar dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada 10 Maret – 30 April 2019 dan dalam
penelitian ini yang diteliti berjumlah 18 RPP. Yang dianalisis adalah komponen-komponen Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang metode pembelajaran yang digunakan oleh Guru PJOK
kemudian di skoring dan hasil tersebut dipersentasekan. Metode yang digunakan peneliti pada penelitian
ini menggunakan metode survey dengan teknik menganalisis dokumen atau istilah lain dari analisis ini
adalah analisis isi (content analysis). Hasil teknik analisis data menunjukan bahwa analisis rencana
pelaksanaan pembelajaran guru PJOK tentang penggunaan metode mengajar permainan bola besar kelas
V di SD Negeri se-Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman menunjukan bahwa penggunaan metode paling
dominan yaitu Metode Diskusi dengan persentase 30,00%; Metode Ceramah dengan persentase 20,00%;
Metode Praktik Lapangan dengan persentase 17,50%;Metode Tugas dan Resitasi dengan persentase
15,00%; Metode Demonstrasi dengan persentase 12,50%; Metode Permainan dengan persentase 5,00%;
Metode Simulasi, Metode Rangkaian Bermain, dan Metode Rangkaian Latihan dengan persentase 0%.

Kata Kunci : PJOK, Pembelajaran, Metode mengajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.