PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR DI UPT WILAYAH SELATAN YOGYAKARTA

Citra Wahyuningtyas, Soni Nopembri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media pembelajaran
berbasis ICT oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar di UPT Wilayah Selatan
Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah
metode survey. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, subjek yang digunakan dalam penelitian ini
adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar di UPT Wilayah Selatan Yogyakarta
dengan jumlah responden berjumlah 39 guru. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan
persentase. Hasil penelitian penggunaan media pembelajaran berbasis ICT oleh guru pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan sekolah dasar di UPT Wilayah Selatan Yogyakarta mempunyai persentase baik
sekali sebesar 10,26% atau 4 guru, baik sebesar 25,64% atau 10 guru, sedang sebesar 35,89% atau 14 guru,
kurang sebesar 23,08% atau 9 guru, dan kurang sekali sebesar 5,13% atau 2 guru. Hasil penelitian
menunjukkan dalam kategori sedang sebesar 35,89% artinya guru PJOK terkadang menggunakan dan
terkadang tidak menggunakan media berbasis ICT.

Kata Kunci: penggunaan media, media pembelajaran, ICT.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.