PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PJOK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

Muhammad Chairul Fahrudin, Tri Ani Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi penggunaan media pembelajaran
PJOK berdasarkan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar se-Kecamatan Buluspesantren Kabupaten
Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru
PJOK Sekolah Dasar se-Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen yang berjumlah 32 guru
dari 32 Sekolah Dasar, yang diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran PJOK berdasarkan kurikulum 2013 di Sekolah
Dasar se-Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen berada pada kategori “sangat rendah”
sebesar 6,250% (2 guru), “rendah” sebesar 37,500% (12 guru), “cukup” sebesar 21,875% (7 guru),
“tinggi” sebesar 28,125% (9 guru), dan “sangat tinggi” sebesar 6,250% (2 guru). Dapat disimpulkan
bahwa penggunaan media pembelajaran PJOK berdasarkan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar seKecamatan
Buluspesantren
Kabupaten
Kebumen
dalam
kategori
“cukup”.

Kata
kunci:
penggunaan,
media
pembelajaran
PJOK,
kurikulum
2013



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.