PEMAHAMAN GURU PJOK SEKOLAH DASAR TENTANG PERMAINAN ROUNDERS DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Arief Mutdihan Nindias, Hari Amirullah Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemahanan Guru PJOK Sekolah Dasar tentang permainan
Rounders dalam pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan  adalah survei.
Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dalam bentuk soal benar salah. Instrumen penelitian
sebanyak 32 butir soal dengan opsi pilihan jawaban ya dan tidak. Uji validitas menggunakan korelasi
Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR 21 (Kuder Richardson). Subjek dalam
penelitian ini adalah Guru PJOK Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten
Sleman yang berjumlah 31 guru. Teknik analisis data hasil perolehan jawaban soal yang benar dan
dikategorikan dalam bentuk persentase melalui rumus penilaian acuan patokan. Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa pemahanan guru PJOK Sekolah Dasar tentang permainan Rounders dalam pembelajaran
PJOK di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman, berada dalam  kategori sangat
tinggi sebesar 45%, tinggi 52%, sedang 3%, rendah sebesar 0% dan sangat rendah 0%.

Kata kunci: pemahaman, guru PJOK Sekolah Dasar, permainan rounders.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.