TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJASORKES TERHADAP PENILAIAN OTENTIK DI SD NEGERI SE-KECAMATAN UMBULHARJO TAHUN 2019

Rezki Agung Patria, Danang Pujo Broto

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman guru
penjasorkes terhadap penilaian otentik di SD Negeri se-Kecamatan Umbulharjo tahun 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei, teknik
pengambilan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian adalah guru penjasorkes  di SD
Negeri se-Kecamatan Umbulharjo tahun 2019 berjumlah 19 guru penjasorkes, yang diambil
menggunakan teknik sampling jenuh. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif
statistik yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori
“sangat tinggi” sebesar 10,53% sebanyak 2 guru, kategori “tinggi” sebesar 26,32% sebanyak 5 guru,
kategori “sedang” sebesar 21,05% sebanyak 4 guru, kategori “rendah” sebesar 42,10% sebanyak 8
guru, dan kategori “sangat rendah” sebesar 0% sebanyak 0 guru. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa tingkat pemahaman guru penjasorkes terhadap penilaian otentik di sd negeri se-kecamatan
umbulharjo tahun 2019 berada pada kategori rendah.

Kata Kunci : tingkat pemahaman, penilaian otentik, guru.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.