SURVEY PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN BANTUL D.I. YOGYAKARTA

Nurudin Adhitya Kusuma, A. Erlina Listyorini

Abstract



Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu tujuan strategis dalam penyediaan tenaga pendidik
berkompeten yang merata di seluruh Indonesia. Guru yang kompeten dalam pemanfaatan Information
and Communication Technologies (ICT) diperlukan untuk mengembangkan kompetensi personal,
pedagogis, sosial, dan professional sesuai dengan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi
Guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat penggunaan media
pembelajaran berbasis ICT oleh Guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Sekolah Dasar seKabupaten

Bantul D.I. Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif,
metode yang digunakan adalah metode survey. Sampel yang digunakan adalah semua guru pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar se-Kabupaten Bantul dan yang memenuhi kriteria
sebanyak 123 guru. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang digunakan adalah
menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa
nilai rata-rata penggunaan media pembelajaran berbasis ICT oleh guru pendidikan jasmani, olahraga,
dan kesehatan di Sekolah Dasar se-Kabupaten Bantul termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan dari
hal itu, maka dapat disimpulkan bahwa ada beberapa guru yang telah menggunakan media pembelajaran
berbasis ICT tetapi masih terdapat beberapa guru yang belum memaksimalkan penggunaan media
pembelajaran berbasis ICT di Sekolah Dasar se-Kabupaten Bantul.

Kata kunci: Penggunaan, Media Pembelajaran, ICT, PJOK



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.