TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG PENJAS ADPATIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD SEKECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2018/2019

Wahyu Eko Saputra, Sugeng Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan guru pendidikan
jasmani tentang penjas adaptif bagi anak berkebutuhan khusus di SD se-Kecamatan Panjatan Kabupaten
Kulon Progo tahun 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, tempat
penelitian ini dilakukan di seluruh SD se-Kecematan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Subyek penelitian
yang digunakan adalah guru pendidikan jasmani yang berada di sekolah dasar se-Kecamatan Panjatan
Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 28 orang dan sumber data diperoleh dari setiap guru penjas yang
ada di SD se-Kecamatan Panjatan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan cara
mengedarkan kuesioner. Instrument penelitian menggunakan tes pengetahuan dengan bentuk soal benar
salah, sedangkan uji validitas dengan korelasi setiap faktor menggunakan bantuan program SPSS 23.0
dengan teknik korelasi Person Product Moment, diketahui dari 34 soal terdapat 4 soal yang gugur,
sehingga tes yang digunakan dalam penelitian sebanyak 30 butir soal. Hasil uji reliabilitas menggunakan
rumus Alpha Cronbach diperoleh sebesar 0,964 sehingga dinyatakan reliabel. Teknik analisis data
menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian dan pembahasan di atas diperoleh
tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani tentang penjas adaptif bagi anak berkebutuhan khusus di
SD se-Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo tahun 2018/2019 yang masuk pada kategori sangat
tinggi sebesar 3,6% (1 orang), pada kategori tinggi sebesar 57,1% (16 orang), pada kategori cukup
sebesar 10,7% (3 orang), kategori kurang sebesar 10,7% (3 orang) dan kategori sangat kurang sebesar
17,9% (5 orang).  
Kata kunci : pengetahuan, guru penjas, penjas adaptif



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.