HAMBATAN PESERTA DIDIK KELAS ATAS DALAM PEMBELAJARAN SENAM DI SD NEGERI GODEAN 1 TAHUN 2018/2019

Arista Sulistya Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan peserta didik kelas atas dalam
pembelajaran senam lantai di SD Negeri Godean 1 tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian dilakukan di SD Negeri Godean 1 dengan melakukan
observasi pada guru dan peserta didik kelas atas. Responden dalam penelitian ini yaitu peserta didik
kelas atas di SD Negeri Godean 1 yang berjumlah 16 pserta didik. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan dengan tahapan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi
sumber, yaitu hasil wawancara dengan guru PJOK dan dokumentasi saat pembelajaran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hambatan peserta didik kelas atas dalam pembelajaran senam lantai di
SD Negeri Godean 1 tahun 2018/2019 berdasarkan (1) Faktor internal, (a) Indikator fisik kurang baik,
dikarenakan berat badan yang berlebih/gemuk dan merasa tidak nyaman setelah mengikuti
pembelajaran senam lantai dikarenakan badan menjadi sakit dan pegal-pegal. (b) Indikator psikis
kurang baik, dikarenakan peserta didik kurang tertarik mengikuti pembelajaran senam lantai, dan takut
cedera saat melakukan gerakan senam lantai. (2) Faktor eksternal, (a) Indikator guru yaitu guru sudah
baik dalam memberikan motivasi kepada peserta didik agar bisa dalam melakukan gerakan senam.
Tetapi guru tidak memberikan contoh dari tiap tahapan gerakan senam lantai. (b) Indikator materi
pembelajaran senam lantai kurang disukai oleh peserta didik, karena peserta didik lebih menyukai
olahraga permainan. (c) Sarana dan prasarana pembelajaran senam lantai masih kurang baik, misalnya
matras yang digunakan sudah rusak dan keras.

Kata kunci: hambatan peserta didik kelas atas, pembelajaran senam lantai, SD Negeri Godean 1



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.