TINGKAT KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR SETELAH MENERIMA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DI SD NEGERI NGRANCAH BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

Tri Haryadi, Amat Komari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan sosial siswa
sekolah dasar setelah menerima pembelajaran permainan tradisional di SD Negeri Ngrancah Bantul
tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan
adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas 1 di SD Negeri Ngrancah Kabupaten Bantul yang berjumlah 20 anak,
terdiri atas 12 siswa laki laki dan 8 siswa perempuan, yang diambil menggunakan teknik total
sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan sosial siswa sekolah dasar setelah
menerima pembelajaran permainan tradisional di SD Negeri Ngrancah Bantul tahun ajaran 2018/2019
berada pada kategori “rendah” sebesar 20% (4 siswa), “sedang” sebesar 70% (14 siswa), dan “tinggi”
sebesar 10% (2 siswa).
Kata kunci: tingkat keterampilan sosial, siswa sekolah dasar, permainan tradisional



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.