TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS IV DAN V SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN 4

Nur Farizal, Sudardiyono Sudarduyono

Abstract


Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, anak-anak dimanjakan oleh
fasilitas dan kemudahan yang ada sehingga menyebabkan gerak pada anak terbatas. Pola hidup anak
menjadi berubah. Anak yang biasanya aktif bergerak kini menjadi pasif atau malas bergerak, hal ini
berakibat pada menurunnya kemampuan fisik anak. Penelitian ini meneliti kemampuan motorik siswa
kelas IV dan V SD Muhammadiyah Karangkajen 4 Yogyakarta pada tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen berupa tes pengukuran dari Nurhasan (1986)
yang terdiri dari tes lari 30 meter, tes shuttle run 4x10 meter, tes lempar tangkap bola tenis dan tes
stork stand positional balance. Pupulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra dan
putri kelas IV dan V SD Muhammadiyah Karangkajen 4 Yogyakarta yang berjumlah 145 siswa.
Teknik analisis data menggunakan analisi deskriptif persentase.
Berdasar hasil penelitian diperoleh bahwa hasil kemampuan motorik siswa kelas IV dan V SD
Muhammadiyah Karangkajen 4 yang masuk dalam kategori sangat baik 6,2%, kategori baik 29%,
pada kategori sedang 31%, pada kategori kurang 26,2% dan pada kategori kurang sekali 7,6%.
Kata kunci : kemampuan motorik, siswa kelas IV dan V SD


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.