MINAT SISWA KELAS ATAS TERHADAP PERMAINAN TRADISIONAL DI SD NEGERI BUNGKUS PARANGTRITIS TAHUN 2018 INTEREST OF UPPER GRADE STUDENT ON TRADITIONAL GAME IN SD NEGERI BUNGKUS PARANGTRITIS IN 2018

Dhani Eko Susanto, sudardiyono sudardiyono

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Siswa Kelas Atas Terhadap Permainan Tradisional di SD
Negeri Bungkus Parangtritis Tahun 2018 yang dilihat dari faktor tujuan pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey,
sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan validitas 0,6609 dan reliabilitas 0,952.
Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas atas SD Negeri Bungkus Parangtritis yang berjumlah 65 siswa.
Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat Siswa Kelas Atas Terhadap Permainan Tradisional di SD
Negeri Bungkus Tahun 2018 adalah “kategori “sangat tinggi” 6,17%, kategori “tinggi” 27,69%, kategori
“sedang” 40,00%, kategori “rendah” 21,53%, dan kategori “sangat rendah” 4,61%.
Kata Kunci: Minat Siswa, Permainan Tradisional
.
ABSTRACT
This research intends to find out the interest of upper grade student on traditional games in SD
Negeri (State Elementary School) Bungkus Parangtritis in 2018 seen from the learning objectives.
Research method used was by descriptive quantitative with survey method, while the data collection
technique applied was by questionnaire with validity 0.6609 and reliability 0.952. The population of the
research was upper grade students in SD Negeri Bungkus Parangtritis totalling 65 students. The analysis
technique employed was by using descriptive quantitative statistics.
The research results show that the interest of upper grade student on traditional games in SD Negeri
Bungkus in 2018 is "very high" category 6.17%, "high" category 27.69%, "medium" category 40.00%, "low"
category 21.53%, and "very low" category 4.61%.
Keywords: Student Interest, Traditional Game

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.