TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KRAGILAN KECAMATAN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN ROUGH MOTOR CAPABILITY LEVEL OF CLASS 1 STUDENTS AT KRAGILAN 1 STATE PRIMARY SCHOOL DISTRICT GANTIWARNO KLATEN REGENCY

Alip Sumarwan, yudanto yudanto

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya data mengenai kemampuan
motorik kasar siswa Kelas I di Sekolah Dasar Negeri 1 Kragilan Kecamatan Gantiwarno
Kabupaten Klaten. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan motorik
kasar siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 1 Kragilan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten
Klaten.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen berupa tes
pengukuran yang terdiri dari tes lari 30 m, lari zig-zag, lompat jauh tanpa awalan,
melempar dan berdiri satu kaki. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
siswa Kelas I di Sekolah Dasar Negeri 1 Kragilan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten
Klaten yang berjumlah 27 siswa.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh bahwa hasil kemampuan motorik kasar siswa Kelas I di
Sekolah Dasar Negeri 1 Kragilan Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten yang masuk
dalam kategori sangat baik 2 (3,70%) siswa, kategori baik 6 (22,22%) siswa, pada
kategori sedang 11 (40,74%) siswa, pada kategori kurang 5 (18,12%) siswa, dan pada
kategori kurang sekali 3 (11,12%) siswa.
Kata kunci: kemampuan motorik, siswa kelas I SD
Abstract
This research is motivated by the absence of data on the gross motor skills of Class I
students at Kragilan 1 State Primary School, Gantiwarno District, Klaten Regency. The
purpose of this study was to determine the gross motor skills of Grade I students of
Kragilan State Elementary School 1, Gantiwarno District, Klaten Regency.
This research is quantitative descriptive. The method used in this study is a
survey method with an instrument in the form of a measurement test consisting of a 30 m
running test, zig-zag run, long jump without prefix, throwing and standing one foot. The
population used in this study were Class I students at the Kragilan State Elementary
School 1, Gantiwarno Subdistrict, Klaten Regency, totaling 27 students. Data analysis
techniques using descriptive percentage analysis.
Based on the results of the study, it was found that the results of the gross motor
skills of Class I students in Kragilan State Elementary School 1, Gantiwarno Subdistrict,
Klaten Regency were in the very good category 2 (3,70%) students, good category 6
(22,22%) students, in the medium category 11 (40,74%) students, in the category less 5
(18,12%) students, and less than 3 (11,12%) students.
keywoards: motor skills, class 1 elementary school student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.