UPAYA MENINGKATKAN GERAK MANIPULATIF DALAM PERMAINAN KASTI MELALUI PERMAINAN TARGET SISWA KELAS IV SD NEGERI JOMBOR LOR KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2017

Alfani Muriza, Tri Ani Hastuti

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan
melempar, menangkap, dan memukul bola kasti pada siswa kelas IV SD
Negeri Jombor Lor Kabupaten Sleman yang belum pernah dilakukan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan 4 aspek
setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan
(action), observasi (observing), refleksi (reflecting). Subjek pada penelitian
ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jombor Lor dengan jumlah 20 siswa
yang terdiri dari 9 siswa putra dan 11 siswi putri. Instrumen yang digunakan
yaitu tes ketrampilan melempar, menangkap dan memukul bola kasti.
Beberapa siswa kelas IV SD Negeri Jombor Lor Kabupaten Sleman
belum memiliki kemampuan koordinasi yang baik saat bermain bola kasti.
Setelah dilakukan penelitian disimpulkan adanya peningkatan kemampuan
gerak manipulatif dalam permainan kasti pada siswa kelas IV SD Negeri
Jombor Lor, ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata unjuk kerja siswa.
Nilai rata-rata siswa tersebut mengalami peningkatan dari siklus I yaitu
sebesar 58,08 dengan rincian nilai lempar bola 56,25 nilai tangkap bola 70,05
dan nilai memukul bola 47,05 persentase ketuntasan klasikal 75 sebesar 0%
(belum tuntas). Kemudian dilanjutkan ke siklus II nilai rata-rata siswa
kembali mengalami peningkatan sebesar 81,25 dengan rincian nilai lempar
bola 78,25 nilai tangkap bola 88,05 dan nilai memukul bola 77,0 persentase
ketuntasan klasikal sebesar 90% (18 siswa tuntas) dan 10% (2 siswa belum
tuntas). Hal ini menunjukan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya
KKM 75 telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II.
Kemampuan gerak manipulatif peserta didik meningkat ditandai dengan 90%
peserta didik tuntas KKM.
Kata kunci : kasti, gerak manipulatif, siswa kelas IV

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.