Keterlaksanaan Permainan Bola Besar dan Bola Kecil dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar se-Kecamatan Sewon tahun 2017/2018

Faizal Ilham Nugroho, Saryono Saryono

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan permainan bola besar dan bola kecil
yang telah diajarkan oleh Guru dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar
se-Kecamatan Sewon tahun 2017/2018.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Instrumen
penelitian berupa angket keterlaksanaan permainan bola besar dan kecil, dengan reliabilitas 0,851 sehingga
instrumen tersebut reliabel. Subjek penelitian adalah guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar se-Kecamatan
Sewon Kabupaten Bantul D.I.Yogyakarta sebanyak 29 orang. Teknik analisis penelitian ini menggunakan
deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian tersebut diketahui keterlaksanaan permainan bola besar dan bola kecil dalam
pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar se-Kecamatan Sewon tahun 2017/2018
secara keseluruhan terlaksana yaitu “sangat tinggi” dengan persentase (86.21%).
 
Kata kunci: Keterlaksanaan, Permainan Bola Besar dan Bola Kecil, Pembelajaran Pendidikan Jasmani
 
The Implementation of Big Ball and Small Ball Game in Learning of Physical Education of Sport and
Health (PESH) at Sewon Sub-district School 2017/2018
Abstract
The objective of this research is to know the implementation of game big balls and small balls that have
been taught by Master in physical and sports education at Sewon District primary school in 2017/2018.
  This research includes descriptive research type using survey method. The research instrument in the
form is the questionnaire of the implementation big and small ballgame with reliability 0,851 so the instrument is
reliable. Research subjects are physical education teachers in elemementary schools Sewon District of Bantul, D.I
Yogyakarta as many as 29 people. The analysis technique of this research  using quantitative descriptive with
percentage.
The result of this study revealed the implementation of large ball games and small balls in physical and
sports education in health education at Sewon District elementary schools in 2017/2018 as a whole was done “ver y
high” with the percentage (86,21%).

Keywords: Implementation, Big Ball and Small Ball, Leraning Physical Education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.