PERAN GURU PJOK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN DELANGGU ROLE OF PJOK TEACHER IN CHARACTER BUILDING ON STUDENT OF STATE ELEMENTARY SCHOOL THROUGHOUT DELANGGU DISTRICT

Niko Wisnu Murti, Ermawan Susanto Ermawan Susanto

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru PJOK dalam pembentukan
karakter pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Delanggu. Penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket
(kuesioner) dengan validitas 0,830 dan reliabilitas 0,915. Populasi penelitian ini adalah guru PJOK di
Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Delanggu sebanyak 26 guru. Teknik analisis data yang digunakan
dalam peneitian ini adalah deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru
PJOK dalam pembentukan karakter pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Delanggu
adalah masuk dalam kategori sangat baik (SB) sebesar 7,69 % (2 guru), kategori baik (B)” sebesar 30,77 %
(8 guru), kategori cukup (C) sebesar 19,23 % (5 guru), kategori kurang (K) sebesar 42,31 % (11 guru), dan
kategori sangat kurang (SK) sebesar (0 guru).

Kata kunci: Peran Guru PJOK, Pembentukan Karakter, Peserta Didik  
 
Abstract
The research aims to determine how high the role of PJOK (Physical Education, Sport, and Health)
teachers in the character building of the State Elementary School students throughout Delanggu District is.
This research was descriptive quantitative research by using survey method. The instrument used was by
questionnaire with validity 0.830 and reliability 0.915. The population of the research was PJOK teachers in
State Elementary School throughout Delanggu District of 26 teachers. The data analysis technique
employed in this research was by descriptive with percentage. The research results show that the role of
PJOK teachers in the character building of the students of State Elementary School throughout Delanggu
District is categorized as excellent (SB) 7.69% (2 teachers), good (B) 30.77% (8 teachers), medium (C)
19.23% (5 teachers), less (K) 42.31% (11 teachers), and very less (SK) (0 teacher).

Keywords: Role of PJOK Teacher, Character Building, Student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.