KESESUAIAN METODE MENGAJAR ANTARA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR KUTOGIRI KABUPATEN KULON PROGO

Tri Endro Saputro, Tri Ani Hastuti

Abstract


ABSTRAK
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuian metode mengajar rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di SD
Negeri Kutogiri apakah sesuai dengan praktik pembelajarannya atau tidak.
 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, tempat penelitian di Sekolah Dasar
Negeri Kutogiri Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitiannya adalah guru PJOK. Pengumpulan data
menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi data (wawancara, observasi, dan studi dokumen). Analisis data menggunakan teknik analisis
data kualitatif yaitu : data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification.
 Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran PJOK metode mengajar yang
digunakan guru PJOK di SD Negeri Kutogiri kurang sesuai dengan metode mengajar pada RPP yang
ada. Kemudian saat pembelajaran PJOK yang berlangsung di SD Negeri Kutogiri dengan kurikulum
2013 guru cenderung lebih dominan menuliskan banyak metode mengajar, namun realitanya metode
mengajar yang dituliskan tidak muncul semua atau tidak digunakan seluruhnya saat proses
pembelajaran. Penelitian ini ditemukan bahwa untuk pelaksanaan pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar
Negeri Kutogiri yang dilakukan oleh guru PJOK kurang sesuai dengan RPP yang sudah dibuat.

Kata Kunci: Kesesuaian, Metode Mengajar, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.