KESIAPAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD SE KECAMATAN BANTUL

Tesar Dwi Arfianto, Ahmad Rithaudin

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan sekolah dasar dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SD seKecamatan
Bantul.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan
adalah survei. Instrumen menggunakan angket yang berisi pernyataan. Subjek penelitian ini adalah guru
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar di SD se-Kecamatan Bantul yang berjumlah
27 guru. Teknik analisis data hasil perolehan angket dihitung dan dikategorikan dalam bentuk
persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
sekolah dasar dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SD se Kecamatan
Bantul yang berkategori sangat baik 9 orang atau 33.3 %, baik 17 orang atau 63 %, cukup 1 orang atau
3.7 %, kurang baik 0 orang atau 0 % dan kurang sekali 0 orang atau 0 %. Sehingga secara dominan
kesiapan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar dalam pelaksanaan
pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SD se-Kecamatan Bantul adalah baik.

Kata kunci: Kesiapan guru pendidikan jasmani, kurikulum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.