Peran Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Wates

Duwita Rahmawati, Sri Mawarti

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran guru pendidikan jasmani terhadap
ekstrakurikuler Pramuka di sekolah dasar Negeri se-Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan
metode survei, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakanp angket. Populasi dalam penelitian ini
adalah guru pendidikan jasmani yang mengajar di sekolah dasar negeri di Kecamatan Wates. Sampel penelitian ini
yaitu 29 guru pendidikan jasmani dari 29 sekolah dasar di Kecamatan Wates. Teknik analisis penelitian
menggunakan teknik analisis deskripsi dengan persentase.
Hasil penelitian tersebut diketahui peran guru pendidikan jasmani terhadap kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Wates yang masuk dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 41,4%,
pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 58,6%, pada kategori sedang sebesar 0%, pada kategori rendah
sebesar 0%, dan pada kategori sangat rendah sebesar 0%.
Kata kunci : Peran, Guru Pendidikan Jasmani, Ekstrakurikuler, Pramuka.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.