PENGARUHUN METODE PERCOBAAN SEDERHANATERHADAP PENGUASAAN KONSEP UDARA DALAM PENGENALAN SAINS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Dyah Eka Ratnasari

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan sederhana dalam pengenalan sains
terhadap penguasaan konsep udara pada anak usia 4-5 tahun TK Negeri Pembina Yogyakarta. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes lisan, observasi dan dokumentasi. Metode
analisis data adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan
bahwa kedua kelompok dinyatakan berdistribusi normal (0.446 > 0.05) dan dari uji homogenitas didapat kedua
kelas bersifat homogen (0/740 > 0.05). Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang sangat signifikan
(p<0.001) pada df 28. Pada sub tema udara mengembang karena suhu, thitung > ttabel (3.497 > 2.048) sedangkan pada
sub tema udara memiliki tekanan, thitung >ttabel (2.875 > 2.048). Nilai rerata posttests pada sub tema udara
mengembang karena suhu adalah sebesar 8.33 untuk kelompok eksperimen dan 6.90 untuk kelompok kontrol. Hasil
posttest kedua pada kelompok eksperimen sebesar 8.30 dan pada kelompok kontrol 7.33. Dengan demikian,
penggunaan metode percobaan sederhana memiliki pengaruh positif terhadap penguasaan konsep udara pada
pengenalan sains pada anak TK usia 4-5 tahun.
Kata kunci: metode percobaan sederhana, penguasaan konsep, anak usia 4-5 tahun.
Abstract
This research is aimed at finding out the influence of experiment method on the concept mastery air in the
introduction of science on children age 4-5 years old in Kindergarden Negeri Pembina Yogyakarta. This was
research gathering were verbal test, observation and documentation. The data analysis method used statistic of
normality, homogeneity and t-test. The result indicated that the student were distributed normally (0,446 > 0,05)
and homogeny (0/740 > 0,05). Test hypothetic analysis of posttest used t-test showed the difference was very
significant (p<0,001) in df 28. The significant score of expand air because of temperature topic was thitung > ttabel
(3.497 > 2.048) and the significant of compression’s air topic was thitung >ttabel (2.875 > 2.048). The comparison of
posttest average score in the expand air because of temperature topic showed the experiment group was 8,33 and
the control group was 6,90. The comparison of posttest average score in the second topic showed the experiment
group was 8,33, while the control group was 7,33. Thus the used of experiment method had a positive influence on
the concept mastery air of child age 4-5 years old TK Negeri Pembina Yogyakarta compared to demonstration
method.
Keywords: experiment method, concept mastery, child age 4-5 years old.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.