STUDI KASUS PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI DI ANANDA MENTARI PLAYGROUP AND KINDERGARTEN YOGYAKARTA

Tri Yuni Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran inklusi di Ananda Mentari Playgroup and Kindergarten, yang terdiri atas: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu 1 kepala sekolah, 1 guru kindergarten, 1 guru khusus, dan 1 tenaga kependidikan. Objek dari penelitian yaitu proses pembelajaran inklusi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara terstruktur, observasi, serta dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian diuji dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran untuk siswa khususmenggunakan kurikulum PPI, (2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran siswa khusus menggunakan metode pembelajaran kelas reguler pullout, (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan checklist yang disesuaikan dengan usia mental anak.

 

Kata kunci: studi kasus, pembelajaran inklusi, anak usia dini.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.