PENCAPAIAN INDIKATOR TAHAP SIMBOLIK DALAM KEGIATAN MELUKIS PADA ANAK TK KELOMPOK A SE-GUGUS 03 KECAMATAN KRETEK, BANTUL

Berta Laili Khasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pencapaian indikator tahap simbolik dalam kegiatan melukis pada anak TK Kelompok A Se-Gugus 03 Kecamatan Kretek dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pencapaian indikator tahap simbolik dalam kegiatan melukis pada anak TK Kelompok A Se-Gugus 03 Kecamatan Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, rata-rata pencapaian indikator tersebut, berada pada kategori baik, sebanyak 67% dari empat aspek, diantaranya: (1) aspek pola memperoleh sebanyak 77%, masuk kategori baik; (2) aspek bentuk memperoleh sebanyak 57%, masuk kategori cukup; (3) aspek warna memperoleh sebanyak 62%, masuk kategori baik; dan (4) aspek memberi nama 56%, masuk kategori cukup. Faktor internal yang dapat menghambat yaitu karakteristik siswa, sikap terhadap belajar, konsentrasi belajar, menggali hasil belajar, rasa percaya diri), sedangkan faktor internal yang mendukung yaitu motivasi belajar dan mengolah bahan belajar. Faktor eksternal yang menghambat dalam belajar yaitu guru, lingkungan sosial, sarana dan prasarana.

 

Kata kunci: tahap simbolik, kegiatan melukis, anak TK kelompok A

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.