PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK BENER TEGALREJO YOGYAKARTA

Windriantari Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui penggunaan media
gambar di Taman Kanak-kanak Bener Tegalrejo Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah anak Kelompok A
yang berjumlah 21 anak. Objek dalam penelitian ini adalah berbicara melalui media gambar. Jenis penelitian
adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif dengan model Kemmis & Mc
Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Lembar instrumen yang
digunakan berupa panduan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan
deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata kemampuan berbicara anak
melalui media gambar telah mencapai 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan
berbicara anak melalui media gambar di TK Bener Tegalrejo Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada Pratindakan sebesar 65,60% meningkat menjadi 76,52%
pada tindakan Siklus I dan mencapai 94,16% pada tindakan Siklus II.

Kata kunci: kemampuan berbicara, media gambar, anak Kelompok A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.