THE DEVELOPMENT OF LUDO GAME LEARNING MEDIA TO IMPROVE MATERIAL COMPREHENSION AND SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT’S INTEREST AT LEARNING PHYSICS

Mufida Miftahul Jannah , Yusman Wiyatmo

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan Ludo untuk meningkatkan penguasaan materi dan minat belajar fisika peserta didik SMA, (2) mengetahui peningkatan penguasaan materi fisika peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran permainan Ludo, dan (3) mengetahui peningkatan minat belajar fisika peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran permainan Ludo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel yang memiliki 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Kelayakan media pembelajaran permainan Ludo dilihat dari rata-rata skor penilaian validator dan respon peserta didik. Peningkatan penguasaan materi dan minat belajar peserta didik dianalisis menggunakan standar gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk media pembelajaran permainan Ludo yang dikembangkan layak digunakan oleh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gamping berdasarkan penilaian dosen dan guru fisika kelas X dengan hasil rata-rata penilaian sebesar 3,96 (sangat baik), serta hasil respon peserta didik dengan nilai 2,98 (baik) pada uji coba terbatas dan 3,18 (sangat baik) pada uji coba lapangan, (2) media pembelajaran permainan Ludo dapat meningkatkan penguasaan materi fisika peserta didik pada uji coba terbatas dengan standar gain 0,68 (sedang) dan pada uji coba lapangan dengan standar gain 0,7 (tinggi), dan (3) media pembelajaran permainan Ludo dapat meningkatkan minat belajar fisika peserta didik pada uji coba terbatas dengan standar gain 0,31 (sedang) dan pada uji coba lapangan dengan standar gain 0,40 (sedang). Kata kunci: media pembelajaran permainan Ludo, usaha dan energi, penguasaan materi fisika, minat belajar fisika. Abstract The research was aimed to: (1) knew the quality of Ludo game learning media to improve material comprehension and senior high school student’s interest at learning physics, (2) knew the improvement student’s physics material comprehension after students following the class with Ludo game learning media, and (3) knew the improvement student’s interest at learning physics after students following the class with Ludo game learning media. This research was a development research used 4D Models from Thiagarajan and Semmel comparised of four stages namely: define, design, develop, and disseminate. The quality of Ludo game learning media based on the average of score validator appraisal and students response.The improvement students physics material and learning interest were analyzed using standard gain. The result of the research showed that: (1) product Ludo game learning media that developed was suitable to be used by students class X SMAN 1 Gamping based on lecturer appraisal and physics teacher of class X SMAN 1 Gamping with the result of the average aprraisal was 3.96 (very good), and the result of students response was 2.98 (good) for preliminary field testing and 3.18 (very good) for main field testing, (2) Ludo game learning media could improve students physics material comprehension on preliminary field testing with standard gain 0.68 (medium) and on main field testing with standard gain 0.70 (high), and (3) Ludo game learning media could improve student’s interest at learning physics on preliminary field testing with standard gain 0.31 (medium) and on main field testing with standard gain 0.40 (medium). Keywords: Ludo game learning media, work and energy, physics material comprehension, physics learning interest.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.