PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Lutfi Lihani

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan metode pembelajaran Inquiry berbantuan media gambar berseri pada siswa Kelas VIII F SMP Negeri 9 Yogyakarta.

Penelitian tindakan ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 9 Yogyakarta yang berjumlah 36 siswa. Data yang digunakan berupa hasil observasi siswa, catatan lapangan, hasil wawancara, hasil tes menulis teks eksposisi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data primer yang digunakan adalah proses pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII F SMP Negeri 9 Yogyakarta. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran dan perilaku siswa selama pembelajaran yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Inquiry berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII F SMP Negeri 9 Yogyakarta. Peningkatan tampak pada peningkatan proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi dan perilaku siswa yang lebih perhatian, serius, sungguh-sungguh, aktif, dan bersemangat dalam pembelajaran. Suasana yang kondusif dan terbangunnya bentuk kerja sama yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran juga terlihat sebagai bentuk peningkatan proses. Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata hasil tulisan siswa yang meningkat, yaitu dari tahap pratindakan dengan rata-rata sebesar 65,25, siklus I sebesar 79,34, dan siklus II sebesar 83,68. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Inquiry berbantuan media gambar berseri merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa.

 

Kata Kunci: menulis, teks eksposisi, inquiry, gambar berseri


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.