KESIAPAN PELAKSANAAN TEACHING FACTORY PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Fredi Nurhidayat, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Wardan Suyanto, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Teaching Factory di SMK Muhammadiyah Prambanan Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) (2) Kesiapan Kerjasama Guru dengan Industri dalam Pelaksanaan Teaching Factory di SMK Muhammadiyah Prambanan Kompetensi Keahlian TBSM, dan (3) Kesiapan Sarana dan Prasarana Industri dalam Pelaksanaan Teaching Factory di SMK Muhammadiyah Prambanan Kompetensi Keahlian TBSM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah 11 orang responden yang merupakan Guru Kompetensi Keahlian TBSM di SMK Muhammadiyah Prambanan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Angket, (2) Observasi dan (3) dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Kesiapan aspek guru pada kualifikasi dan kompetensinya menunjukan 7 (63%) guru masuk dalam kategori sangat siap pada kedua aspeknya, 1 (9%) guru masuk dalam kategori siap pada kedua aspeknya, dan 3 (27%) guru masuk dalam kategori sangat siap pada aspek kualifikasinya dan siap pada aspek kompetensinya. (2) Kesiapan aspek kerjasama guru dengan industri menunjukkan terdapat 2 (18%) guru masuk dalam kategori sangat siap, 9 (82%) guru masuk dalam kategori siap, (3) Kesiapan aspek sarana dan prasarana menunjukkan bahwa dari 15 aspek terdapat 6 (40%) aspek dalam kategori sangat siap, 7 (47%) aspek dalam kategori siap dan 2 (13%) aspek dalam kategori kurang siap. Kata Kunci: Teaching Factory, Teknik Bisnis Sepeda Motor, SMK Muhammadiyah Prambanan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.