PENGEMBANGAN KARTU DOMINO AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) produk Kartu Domino Akuntansi pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tingkat kelayakan Kartu Domino Akuntansi berdasarkan penilaian oleh: 1) Ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,75 (Sangat Layak), 2) Ahli media diperoleh nilai rata-rata 4,21 (Sangat Layak), 3) Guru diperoleh nilai rata-rata 4,80 (Sangat Layak), dan 4) Siswa diperoleh nilai rata-rata 4,09 (Layak). Peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi dengan diterapkannya Kartu Domino Akuntansi diukur dengan pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan Analisis Gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor gain kelas XII IPS 1 adalah 0,52 dan XII IPS 2 adalah 0,50. Dari kedua hasil tersebut, skor di kelas XII IPS 1 dan skor di kelas XII IPS 2 termasuk dalam kategori Sedang.
Kata kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Kartu Domino Akuntansi, Prestasi Belajar, Ayat Jurnal Penyesuaian, ADDIE
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
.